English French German Spain Italian Dutch
Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 17 Maret 2010

Tips memilih jurusan

Seperti halnya memilih kampus, memilih jurusan juga harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Memilih jurusan yang tepat akan membuat masa depan kamu terbuka dengan lebar. Jangan hanya karena ajakan teman atau banyak diminati kamu memilih jurusan yang tidak kamu sukai atau kuasai.
Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih jurusan.
  • Sesuaikan cita cita minat dan bakat
Kamu tentunya sudah punya bayangan lapangan pekerjaan seperti apa yang akan kamu jalani dimasa depan. Nah, jurusan yang kamu pilih sebaiknya disesuaikan dengan cita cita kamu tsb. Tapi jangan lupa to menyesuaikan denagn minat dan bakat yang kamu miliki.Kalau memamng ternyata kamu tidak mempunyai minat dan bakat yang kamu inginkan, lebih baik kamu jangan memaksakan diri.
    • Jenjang pendidikan
    Ada berrbagai macam jenjang pendidikan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi. Kamu mungkin pernah mendengar jenjang strata dan diploma. Tapi apa kamu tahu perbedaanya? Perbedaan strata dengan diploma tidak hanya pada lamanya masa perkuliahan, tetapi juga pengkhususan.Strata lebih menekankan penguasaan ilmu, sedangkan diploma lebih menekankan keahlian pada bidang tertentu. 
    • Prospek setelah lulus
    Saat memilih jurusan, kamu juga harus mempertimbangkan peluang profesi yang akan dijalani setelah lulus nanti. Beberapa jurusan memang selalu menjadi favorit dari tahun ke tahun, tapi harus kamu sadari kalau jurusan favorit akan lebih banyak jumlah lulusannya. Jurusan yang non-favorit memang kurang diminati dan persaingan dalam mencari kerja akan lebih sedikit. Namun, kamu juga harus berfikir apakah jurusan tsb menjanjikan masa depan yang lebih mudah. Cobalah memprediksi prospek jurusan yang lulusannya akan banyak dicari. 

    ۞Peta Harta۞

    Related Posts



    2 komentar:

    alah
    lo aja salah milih jurusan
    nie artikel dr mana coba
    wkakakak ,,

    hhah.
    itu karena gag ada pilihan lain..ckck

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites