Rabu, 17 Maret 2010

Green Action on Campus

Kamu pasti sudah sering mendengar dan tahu bahwa saat ini kondisi udara di bumi semakin mengkhawatirkan. Mulai dari pemanasan global, bolongnya lapisan ozon, efek rumah kaca, penebangan hutan, berkurangnya resapan air, dll.

Keadaan ini tentunya akan berdampak pada semua penghuni yang ada di bumi. Kita sendiri sudah merasakan dampak yang terjadi mulai dari tanah longsor, banjir, gempa bumi, udara yang tidak sehat, dan kita sebagai penghuni bumi ini, sudah selayaknya to tetap berusaha mencegah dampak negatif tsb.

Mulailah dari yang kecil, misalnya dalam lingkungan kampus kamu :
  • Jaga kebersihan kampus
Saat duduk di kantin, apa kamu tidak merasa risih melihat sampah yang berserakan? Walaupun kita berkelit bahwa itu tugas penjaga kebersihan, tapi masa buang sampah, tisu, puntung rokok pada tempatnya aja jadi segitu beratnya?
Yuk. Kita mulai dari diri sendiridengan selalu membuang sampah pada tempatnya.
  • Private smoking area

Mungkin kampus kamu tidak memiliki fasilitas smoking area. Tapi bukan berarti bisa merokok sembarang, coba biasakan merokok di ruangan hampa udara [klu gag bisa, jangan ngerokok] atau di ruangan terbuka agar asap tidak berkumpul di dalam ruangan [ asap rokok mengandung lebih dari 4.000 zat karsiogenerik yang menyebabkan kanker dan penyakit lainnya !]

  •  Maksimalkan fasilitas kebersihan
Saat ini sudah banyak tempat tempat sampah yang dibedakan tempat pembuangannya berdasarkan jenis sampah organik [sampah basah] dan sampah organik [sampah kering]. Maksimalkanlah fasilitas itu dengan mentaatinya. Selain membantu lingkungan kamu juga membantu petugas kebersihan dan mempercepat proses pemilahan sampah yang terkumpul.
  •  Put a sign on ”it”
Ajaklah teman kamu untuk membuat papan himbauan dengan desain yang menarik. Misalnya, jangan buang sampah sembarangan, matikan lampu jika tidak terpakai, pakai air seperlunya. Tempel imbauan itu di tempat² yang strategis.
  •  Bike to campus
Untuk yang tinggal dekat dengan kampus atau yang kost, kamu bisa berkontribusi dengan menyukseskan program “bike To campus” [di jepang hal ini sudah lama dilakukan , bahkan di sediakan tempat parikir khusuh untuk sepeda]. Istirahatkan mobil dan motor kamu dan mulailah bersepeda menuju kampus kamu.
Selain membuat lebih sehat, kamu juga bisa mengurangi polusi dan yang lebih penting bisa menghemat uang saku.

۞Peta Harta۞

Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites