Sabtu, 16 Juni 2012

Daur Ulang : Botol Bekas Menjadi Lampu


Disini gw akan berbagi sedikit ide kreatif dengan memanfaatkan botol bekas menjadi sesuatu yang bernilai.
Kita akan mencoba memamnfaatkan botol bekas di variasikan dengan mengunakan lampu LED.. ya tentu saja dengan biaya yang cukup murah, hanya di butuhkan sedikit waktu dan kesabaran. untuk lebih jelasnya saya akan memberikan tips beserta caranya seperti di bawa ini :
Berikut material yang di butuhkan :

  1. Botol bekas (warna apa saja, tapi sesuaikan dengan warna lampu LED yang akan anda gunakan) agar mendapatkan efek sinar yang lebih indah)
  2. 8 ea lampu LED (dengan warna apa saja sesuikan dengan warna botolnya)
  3. kable secukupnya
  4. kawat solder
  5. Resistor , cap 100 Ohm
  6. Switch On-Off
  7. Kaca berning bekas yang sudah di pecah menjadi bagian-bagian kecil
Alat-alat yang di butuhkan :
  1. Solder
  2. Bor tangan
  3. Hot gun glue

Kalau semua materail dan alat-alat yang dibutuhkan sudah lengkap, maka ikuti langkah2 berikut ini :
langkah 1
Pertama-tama kita susun dulu rangkaian lampu LED nya tadi mengikuti skema seperti di bawah ini :

Setelah kita selesai menyusun rangkaian lampu-lampu LED tadi mengikuti skema gambar seperti diatas sebaiknya dilakukan test dulu, untuk memastikan bahwa seluruh lampu yang di rangkai tadi menyala semua. Jika sudah dipastikan semuanya baik, maka kita baru menuju ke langkah berikutnya.

setelah rangkain tadi kita susun dan dipastikan menyala kita beri lem lilin dengan mengunakan hot gun tadi untuk menjaga agar rangkain tadi ridak rusak saat kita memasuki langkah berikutnya.
Langkah 2
Langkah kedua adalah menyiapakan botol yang akan kita jadikan rumahan buat lampu LED tadi.. siapkan botol yang sudah kita sediakan. Botol tersebut akan kita beri lubang untuk tempat kabel dengan mengunakan bor tangan. sebaiknya pada waktu kita melakukan pengeboran kita meletakan botol tersebut di tempat yang kokoh saran saya mengunakan ragum jepit, untuk menghidari botol tersebut pecah waktu proses pengeboran dan menguragi resiko kecelakan kerja :D .



Pada waktu proses pengeboran sebaiknya di beri minyak sayur tau oli di tempat lobang yang sedang dalam proses pengeboran tadi, di samping berfungsi sebagai pelumas, juga dapat mengjindari kita menghisap serbuk2 kaca akibat dari proses pengeboran tadi.. remeber safety first!!
setelah selesai dan lobang ya sudah siap seperti gambar diatas maka kita masuk ke langkah berikutnya :
Langkah 3
langkah berikutnya adalah memasuka rangkaian tadi kedalam botol yang sudah di bor tadi.. masukan ujung rangkain tadi yang merupakan kabel untuk power suplaynya dahulu dan keluarkan melalui lobang yang sudah kita bor tadi. seperti gambar dibawah ini :

setelah selesai sebaiknya kita melakukan pengecekan apakah lampu-lampu led tersebut menyala semua.

kemudian kita tarik lampu2 yang sudah dipastikan ok tadi kedalam botol.

oke.. setelah selesai mari kita memasuki langkah berikutnya:
Langkah 4
Langkah berikutnya adalah mengisikan potongan-potongan kaca bekas yang sudah di hancurkan menjadi kecil tadi kedalam botol, kaca-kaca ini berfunsi untuk membiaskan sinar yang di pancarkan dari lampu led tadi untuk mendapatkan efek sinar yang menakjubkan.


Pada saat memasukan potongan-potongan kaca tadi sebaiknya anda mengunakan sarung tangan untuk menghidari tangan anda terluka, dan pada saat proses memasukan potongan-potongan kaca tadi pastikan bahwa rangkaian lampu tadi tepat berada ditengah-tengah.
setelah selesai maka kita akan memasuki langkah terakhir yaitu finising..
Langkah 5
Ini adalah proses terakhir untuk project ini, kita akan membeerikan tutup pada botol tersebut agar nampak seperti botol yang baru, dan memperindah bentuknya pada saat kita meletakannya sebagai hiasan di rumah.

Nahhhh jadi deh hiasan boto bekas yang bersinar dengan lampu LED didalamnya.. Praktis kan.. gw yakkin loe pasti bisa membuat ini..


۞Peta Harta۞

Related Posts



0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites