Kamis, 29 November 2012

Merawat Perabotan Rumah : Baju dan Setrika




Berikut ini ada beberapa tips kecil yang sering kita tidak ‘ngeh’ atau tidak kita sadaridalam merawat barang di rumah yang sering kita pakai agar menjadi lebih tahan lama. Mungkin ada beberapa pembaca yang sudah tahu, tetapi kembali saya bagi pengalaman saya . selamat menikmati 

  • 1.      Merawat setrikaan, spele memang, tapi ada beberapa hal yang sering membuat saya kesal kita menyetrika, setrika dirumah bukan hanya saya yang pakai, jadi sebaiknya anda tahu ini agar setrikaan anda menjadi lebih tahan lama.

Pertama, jangan menggosok sablon pada baju dengan setrikaan dengan alasan apapun, karena sablon yang karet atau yang menonjol yang tidak menyatu dengan bahan kainnya akan menempel di setrikaan kerena panas setrikaan, well dan akibatnya setrikaan anda meninggalkan bekas karet atau untuk pengulangan terus menurus jadi noda hitam di bagian bawahnya, bila diteruskan lebih lanjut, untuk menyetrika dalam waktu yang lama akan menghasilkan panas yang lebih panas #yaiyalah, maka karet itu akan membuat kesat / menempel di kain yang kita setrika selanjutnya.

Kedua, jangan menggulung kabel setrikaan sesaat sesudah menggunakan setrikaan, karena kabel setrikaan bisa dibilang kayak kabel khusus, kan dia harus menghantarkan listrik menjadi panas (maklum anak ipa,agak ilmiah..hahha) kabel setrikaan ketika dipakai akan menjadi kaku sehingga apabila setelah selesai menyetrika langsung menggulung kabelnya akan mengakibatkan kekakuan pada kabel #apasihh, maksudnya kabelnya jadi kaku dan gampang rusak, sisi lainnya juga gag enak pas nyetrika berikutnya coz kabel yang digulung ketika panas akan bertahan lama seperti itu. Tahu dari mana? Pengalaman. ! haha. Sebaiknya diamkan setrikaan dan kabelnya diluruskan hingga setrikaan tersebut dingin, baru dirapikan (kabelnya digulung)

  • 2.      Menjemur pakaian, hal sepele lagi.
Entah pada sadar gag kalo menjemur pakaian dibawah matahari langsung akan mengurangi kadar warna pada pakaian a.k.a bisa buat warna pudar apalagi pakaian warna hitam.
Well, tipsnya adalah : yang baik adalah kamu menjemur pakaian kamu dibawah atap ato tempat jemuran kamu bisa dipasangin serat yang transparan gitu #tau kan?, iya selain berfungsi untuk melindungi sinar matahari langsung juga bisa melingdungi pakaian anda dari hujan #tepatsekali :D
Kenapa harus transparan? Yah menurut saya sih lebih bagus yang transparan, karena sinar matahari tetap bisa masuk jadi pakaian juga cepet kering #wink ;)

Tips lainya dalam menjemur pakaian ialah menjemurnya dengan membalik pakaian, maksudnya bagian depan(luar) dibalik, jadi yang dijemur adalah bagian dalam pakaian sehingga gambar pada pakaian pun tetap awet…

  • 3.      Penjepit jemuran, apa sih..
Iya, semua penjelasan ini adalah tips sepele, dan saya adalah penulis kurang kerjaan yang mikirin tips ini dan membagikannya kepada kamu kamu, dan kamu adalah pembaca kurang kerjaan yang baca tips ini. #oke skip.

Penjepit jemuran yang dipakai ialah yang konvensional :D
Well tergantung tipe sih, penjepit jemuran itu terbuat dari plastic dan  rentan terhadap panas matahari dan air. Karena itu sebaiknya di tali jemuran, anda bisa membuat semacam box/ tempat teduh pelindung panas #yaiyalah (teduh itu gag panas), buat yang males beresin jepitan jemuran bisa digeser aja ke box penyimpanan sederhana yang ada di tali jemuran, gag repot copot pasang kan. #winklagi.

Buat yang gag kebayang bentuknya, bayangkanlah ! cz penulis males uploadnya dari kamera :D harap maklum yah..

Terima kasih



Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites