Selasa, 10 Juli 2012

Kuliner : Martabak HAR


Martabak HAR adalah salah satu makanan kuliner khas palembang
martabak ini terbuat dari gandum dan telur  dan dimakan dengan saus (kuah) kari kambing dan kentang dengan irisan cabe. paling manteb dimakan selagi panas. dan dimalam hari.
yap benar, ini adalah jajanan khas palembang yang paling enak dimakan di malam hari, kuahnya yang hangat, rasanya yang khas bisa kamu rasakan, dan juga tokonya buka cuma malem/sore (haha)


martabak india?
bisa dibilang begitu, karena perintis dan pemilik pertama usaha ini adalah orang muslim india yang bermukim di palembang sejak lama, martabak ini lebih dikenal dengan nama perintisnya, yakni Haji Abdul Rozak, namanya menjadi Brand untuk martabak -- Martabak HAR--


usaha yang dirintis beliau bukan hanya martabak, tetapi martabaklah yang paling melekat dengan namanya.

ada yang bilang, martabak HAR yang asli di tokonya dipasang toko empunya. yang dilanjutkan oleh genarsi penerusnya.


well, di palembang mudah ditemui toko martabak HAR, yang paling saya inget itu ada di deket mesjid agung dan di kedukan.

tetapi bagaimana dengan di jakarta?
yah, ini adalah makanan langka di jakarta, kalau pempek udah berhamburan yang jualan mulai dari toko gerobak sampe yang seribuan (fyi : pempek yang ada di jakarta, khususnya yang gerobakan itu rasanya beda jauh dengan pempek gerobakan ato pempek emperan /ecek-ecek di palembang, mungkin karena di sini (jakarta) udah gag pake ikan lagi, disana biasanya diakalin kalau ikan gabus mahal bisa pake ikan yang lain.. :D)

kembali ke judul.
sekarang anda yang berada di jakarta bisa mencoba / menikmati hidangan martabak HAR ini, saya sempet dapet infonya dari temen setelah cek tkp dan makan bareng si kawaii baru bisa kasih info ini,

langsung aja gan cek tkp. dari --jalan KH.Wahid Hasyim-- (arah mau ke roxy kalau dari harmoni) inget !! lampu merah ke tiga (lampu merah yang ada pos polisinya=biar gampang) itu belok kiri masuk ke --jalan biak--  jalan pelan pelan aja, ada disebelah kiri sebelah bank mustika lewat dikit. persis pinggir jalan

saya kira waktu itu dy di toko, gag taunya itu di pinggiran jalan, yang jual pake inova silver ada tulisanya Martabak H. Abdul Rozak.
tenda kuning yah gan (jangan salah, bukan lagunya desi ratnasari :p)

kemarin saya coba, martabak kari & mie celor + es teh manis 2 = 51k
martabaknya sekitar 20-25k gan.

well. silakan langsung dicoba, yang udah kangen silakan dateng, yang belum pernah cobain deh makan bareng pasangan ato keluarga pasti mantep :))


Rekomendasi:
martabak HAR, Jl. Biak Roxy, sebelah Bank Mustika di sebrang Apotek Roxy. 
buka mulai dari jam 17.00~23.00


makanan khas palembang




________________
org.txt-eqie
________________

Related Posts



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites