Sabtu, 21 Juli 2012

Keutamaan Dari Bulan Suci Ramadhan (versi penulis)

Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Suci Ramadhan, Kami Senang Menyabutmu.

begitulah setiap bulan ramadhan tiba, bulan penuh kebaikan ini merupakan bulan kejer setoran untuk orang orang yang bergelimang harta dosa (banyak dosa) karena pada akhir bulan ini di janjikan oleh Allas SWT akan diampuni dosanya + bonus surga, benar hari yang ditunggu itu adalah idul fitri. :) #ingetpuasadulu baru lebaran !

kebaikan yang datang bukan hanya dari janji Allah SWT tapi bisa dilihat dari bebbagai aspek yang terjadi (mengalami perubahan) selama bulan puasa.

berikut ada beberapa manfaaat yang penulis paparkan (bahasanya.. ,SE gitu loh..haha)

1. perubahan disiplin diri.

bisa dilihat, dari orang yang sering bangun siang, selama bulan ramadhan ini mereka harus bangun pagi pagi (yaiyalah, sahurr..oii) telat bangun udah imsak, haha.. imsak gag kayak alarm di hape, yang bisa di snoze #tunda, klu imsak mau ada badai ato gempa bumii juga imsak tetep keep going :D

2. Perubahan jam makan.

yang ini pasti berubah karena udah gag ada lunch #makansiang dan sarapan.
jadwal makan normal diluar bulan Ramadhan ialah sarapan di pagi hari, makan siang, dan makan malam, tetapi berhubung orang orang di Jakarta yang kesibukannya padat #kayakgue #soksibuk, biasanya jam makan menjadi tidak teratur, mulai dari yang gag sempet sarapan karena telat ke kantor (bangun kesiangan ato ngurusin hal lain dirumah) terus bablas makan siang (kerjaan nanggung) dan makan malam yang ngareet, bisa mpe jam 9 ato jam 10 karena aktifitas dan lanjut aktifiatas lagi teruss..teruss... benar sekali akhirnya anda bisa terkena mag, #sepertisaya, ~__~"

maka, dibulan puasa ini jam makan kita Subhanallah diperbaiki menjadi lebih teratur, semua mempunyai batas / deadline nya masing masing.
dimulai dengan berbuka puasa dengan yang manis #iklan?
maaf salah, dimulakan dengan bismillah, lalu dengan baca doa buka puasa (dimana nama gu selalu disebut disitu..hehe) kemudian berbuka dengan yang manis #iklanlagi

adab ketika berbuka ialah minum dan makan makanan yang ringan (bukan chiki ato snack yah), mengapa demikian? karena setelah kita berbuka kita harus shalat magrib dahulu yang dilanjutkan dengan shalat isya dan tarawih. setelah shalat tarawih baru makan besar, maksudnya makanan berat,maksudnya makan nasi gitu ganti.

next, ada sahur yang menunggu, dan imsak yang menanti, harus bangun untuk makan bersama :)) inget batasnya imsak. 10 menit sebelum adzan subuh---adalah batas untuk mengistirahatkan perut untuk nanti shalat subuh. :)

3. Diet sehat

buat kamu yang obesitas ato yang pengen lebih langsing (gue sih pengen jadi gemuk.. T_T) puasa adalah solusi terbaik. selain sehat juga bermanfaat. diet menggunakan metode puasa menurut penulis nilai nya plus plus #kumlout

pertama kamu punya makan jadi teratur, kamu punya perut gag neko-neko. eehh. maksudnya makanan dan jam makan kamu jadi teratur

olahraga malam selama sebulan yang bernama Tarawih, selain sehat berpahala. #mantep
jadi yang perutnya buncit harus rajin rajin shalat yah biar kegencet thu perut pas ruku sama sujud :D

nafsu makan berkurang,
kalo yang ini sih menurut ane gan, mungkin karena kebanyakan nahan nafsu malah nafsu makannya jadi ikutan ngilang :D
benar, tapi ini juga bagus loh, postifly #apaanthu? sisi positifnya adalah kamu dapat mengurangi nafsu makan kamu dan makan hanya seperlunya saja. ingat. makan untuk hidup dan bukan hidup untuk makan ! inget jangan kebalik #wink.

nb. nanti pas lebaran jangan bales dendam pelampiasan yah, ntar liat ayam tergeletak udah langsung bawa piso sama garpu aja, nanti liiat orang dikira orang saiko,orang gila dan orang orang bilang begitu deh. :p

4. Kejer setoran pahala dapet bonus surga

emanknya cuma kenek doank yang bisa kejer setoran? emanknya kejer setoran harus duit doank? #plissdeh

inget di bulan Ramadhan ini semua amal ibadah kita dilipat gandakan, jadi anda gag perlu ke dukun ! kita dikasih sama Allah SWT sholat bonus di bulan ini yang namanya Tarawih + witir, coba deh itu berapa rakaat terus itu juga shalat berjamaah, terus itu dilakukan di bulan ramadhan, terus itu ada ceramahnya juga, terus itu juga ajang silaturahmi terus itu... terus itu... dan seterusnya.

yang paling enak dan yang paling banyak dijadikan alasan ialah " Tidurnya orang berpuasa adalah ibadah " wuihh...mantep bener sejak kapan kita tidur aja ibadah dapet poin pahala klu gag cuma di bulan Ramadhan ini doank. asal jangan tidurnya dari imsak sampe buka yah.. itu bukan ibadah, itu KEBO ! :p.
mengenai tidurnya orang berpuasa itu ibadah sering dibahas, jadi penjelasan lebih lanjut harap hubungin ustadz terdekat.

baca Al-Qur'am.
masih inget berapa poinnya baca 1 HURUF Al-Qur'an dibulan ramadhan? yap. bila anda ingat tolong sebutkan karena saya lupa #gubrak setahu ane sih banyak, sering dibahas di mesjid, jadi untuk informasi lebih lanjut silakan datang ke mesjid terdekat
#dasar penulis maless!

intinya, bulan puasa a.k.a bulan Ramadhan ini adalah bulan kebaikan yang lebih baik dari seribu bulan. sip. jadi klu bulan ini di maksimalkan, dioptimalkan maka = 1000 bulan = umur kita gag nyampe :D
bayangin klu kita ketemu bulan puasa 3 kali = 3000 bulan, jadi 1000 x 3  / 12 bulan x amal ibadah = #itung sendiri !



fiushh. ambil nafas.
penulis cape ni, panjangg bener.. (senam aerobik depan komputer)
yap. lanjut lagi..

selanjutnya yang pasti hanya ada di bulan puasa Ramadhan ialah :

5. Buka puasa dan sahur bersama.

yang ini pasti ! hanya ada di bulan puasa, #yaiyalah. buka puasa bersama merupakan salah satu kamuflase yang digunakan untuk ketemu mantan #hadeeh dan survei membuktikan : benar (nb. klu yang punya mantan, klo yang jomblo seumur idup? :D )

iya, dan selain itu adalah alasan juga buat ke orang tua, dan ke pacar. buka puasa bersama merupakan kalimat ampuh nan keren yang ada di bulan puasa..
biasanya mereka merencanakan buka puasa, ngobrol dan bilang.. gu cek jadwal buka puasa dulu yah.. #haaa?! emanknya lu buka puasa jam berapa? beda gitu??? #plissdehh

mereka yang jadwal puasanya penuh terkesan keren, socialita tingkat dewa, gaoel dsb dll dkk. #plissdehhlagi.

selain dari semua alibi diatas dan yang kamu setujui, buka puasa bersama adalah baik karena merupakan salah satu ajang silaturahmi, misalkan buka puasa temen SMA, SMP, SD, TK, sampe temen lahiran (kalo ada), karena kesibukan masing masing pihak sehingga dibulan yang baik ini juga bisa disempatkan bersilaturahmi dengan teman lama.
ingat. orang yang menjaga tali silaturahmi akan dimurahkan (dimudahkan) rezeki nya, seperti kutipan yang saya ambil dari pesan ke bukber c0mpast ipa satu 1 tahun yang lain :

sedikit intermezzo,

فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِن تَوَلَّيْتُمْ أَن تُفْسِدُوا فِي اْلأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ أُوْلَئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَى أَبْصَارَهُمْ

◘ Artinya: “Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan ? Mereka itulah orang-orang yang dilaknati Allah dan ditulikanNya telinga mereka, dan dibutakanNya penglihatan mereka.” (QS Muhammad 47:22-23).

وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِي تَسَآءَلُونَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

◘ Artinya: “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An Nisaa’ 4:1).

Juga sabda Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam ,

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

◘ Artinya: “Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.”

 #penulissudah niat kembali, pake ayat coyy

begitulah salah satu manfaat berbuka puasa teman teman, jadi tetap sambung terus silaturahmi :))

sama halnya dengan buka puasa bersama, sahur bersama juga hadir di beriringan, untuk yang satu ini juga salah satu ajang kerenkerenan beken bekenan, biasanya yang sahur bersama ngajak gebetan ato pacaran (pacar aja) ato yang jomblo boncengan berdua sama temen cowoknya.. :p #kesiandeh

sahur bersama biasanya juga meliputi bagi bagi makanan sahur gratis (gag pake kuis gratisnya) ke fakir miskin #niatnya tapi yang ada gembel datangan, dadakan, yang meluncur pesat ke kota Jakarta sejak hari pertama puasa, meraka datang jauh jauh dari kampung halaman merantau (tapi bukan mencari pekerjaan) menjadi gembel di jakata, kemah di kolong jembatan, dan hebatnya gembel pengemis ini mereka mobile (bergerak) dengan rumah gerobak mereka yang isinya satu keluarga #hebatt.

yaa.. apapun itu tergantung niat mereka sih, dan niat kami hanya menyampaikan, :) #angel
berbagi rezeki dan kenikmatan bersama itu nikmat kan? #wink ;)

oia, yang harus diinget dan sering kelupaan pas sahur bersama adalah shalat subuh bersamanya.. nah lho. hayoo.. pada sadar kan. :p

________________________________________________________
ingat pesan ini : jangan menjadikan alasan yang baik menjadi keburukan, karena itu waspadalah waspadalah. ‼
________________________________________________________

untuk keutamaan bulan puasa versi penulis session 1 cukup sekian. #cape.
terima kasih.

semoga bisa menjadi informasi yang menarik, menghibur, dan bermanfaat untuk anda.
bulan baik, ibadah baik, lanjutkan, tingkatkan, maju terus, lebih cepat lebih baik. #slogankampanye.

more at  zonetinue
2 Ramadhan 1433H

Related Posts



2 komentar:

#ingetpuasadulu baru lebaran !
*nyindir nihh* hhahahhahhahhahaha
#perasaan

hahah, iya, keinget mulu, habis lucu sih, baru ada yang bilang kayak gitu.. #unyunyu deh kamyu :D

jadi kalimat trendstter thu buat aq #wink

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites