Kamis, 15 September 2011

Tips Pencarian dengan Search Engine




mungkin buat sebagian rekan2 tips ini basi yaa,tapi gp2 sih iseng aja.btw tips ini biasanya berjalan lancar di google.
 # Tanda (+)
Ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata hacking,security dan internet.
Anda dapat mengetikkan kata di search engine : +hacking +security +internet. Jika terdapat artikel yang memuat salah satu atau dua kata tersebut diatas tidak akan ditampilkan .hanya artikel yang memuat tiga kata tersebut yang di tampilkan . Tanda + dibaca oleh search engine sebagai DAN symbol ini dapat dipakai sebanyak-banyaknya misalnya: +harga +komputer murah +untuk +wilayah +medan.
# Tanda (-)
Ingin mencari artikel yang didalamnya terkandung kata statistic penduduk sumatera kecuali Medan.Ketik di search engine : +statistic+penduduk+sumatera-Medan. Search engine yang bersangkutan akan mencari di internet artikel yan mengandung kata Statistik penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata medan. Atau seperti ini +tempat+wisata+bali-kuta. Maka search engine akan menampilkan artikel tentang tempat wisata di bali dan pada artikel tersebut tidak terdapat kata kuta. Tanda – dibaca oleh search engine sebagai KECUALI.
# Tanda (“)
Ingin mencari artikel di internet yang didalamnya terdapat kata hacking dan security dan kata tersebut tidak dipisahkan oleh kata-kata yang lain.
Ketik di search engine : “hacking dan security” maka search engine yang bersangkutan akan mencari kata hacking dan security yang katanya tidak dipisahkan oleh kata-kata lain. Apabila ada artikel yang mengandung kata hacking dan security yang katanya dipisah kan oleh kata-kata lain maka artikel tersebut tidak ditampilkan oleh search engine yang bersangkutan.
Dan anda dapat juga menggabungkan ketiga karakter tersebut tersebut seperti contoh berikut ini: +kuliah +”ilmu komputer” –bayar.
Search engine akan mencari artikel di internet yang terdapat kata kuliah ilmu komputer kata ilmu komputer tidak akan dipisahkan oleh kata lain dan tidak akan menampilkan artikel tersebut bila terdapat kata bayar. Perlu di ingat bahwa penggunaan spasi untuk memisah kan antara kata-kata yang kita cari, spasi tersebut akaan dibaca ATAU contoh Ketik di search engine : ilmu komputer
Maka search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau komputer atau yang mengandung kata kedua-dua nya.
Simbol Bolean
Seperti yang kita ketahui symbol bolean adalah kata-kata OR, AND dan NOT. Kita dapat menggunakan symbol tersebut dalam mencari informasi di internet.
# Bolean OR
Pada dasar nya symbol bolean OR sama seperti apabila kita menggunakan spasi contoh : ilmu OR komputer .Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu atau kata komputer atau kedua-duanya.
# Bolean AND
Penggunaan bolean AND sama dengan karakter/tanda + Contioh : ilmu AND komputer.Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata ilmu komputer apabila tidak terdapat salah satu dari kata tersebut tidak akan di tampilkan.
# Bolean NOT
Penggunaan bolean NOT sama dengan tanda (- ) contoh saya akan mencari infor- masi tentang statistic penduduk di sumater tetapi tidak termasuk medan.
Ketik di sdearch engine : Statistik AND penduduk AND sumater NOT medan.Search engine akan menampilkan web yang berisi kata statistic penduduk sumatera tetapi tidak terdapat kata medan.
# Bolean NEAR
Contoh : saya ingin mencari kata ilmu computer yang jarak antara kata tersebut berdekatan.
Ketik di search engine : ilmu NEAR komputer maka search engine akan menampilkan web yang berisi kata ilmu komputer yang jarak antara kedua kata tersebut berdekatan.
Penggunaan Bolean tersebut diatas dapat juga digabungkan.Contoh Saya ingin mencari definisi dari kata cinta atau kasih maka dapat di ketik di search engine : definisi AND (cinta OR kasih) Search engine akan menampilkan web yang mengandung kata definisi cinta atau definisi kasih. Untuk contoh selanjut nya anda coba sendiri.
Penggunaan Host.
Pencarian informasi dapat juga dengan menggunakan kata Host, Contoh:
# Saya ingin mencari website ilmu komputer.com maka saya dapat mengetikkan di search enginehost: ilmukomputer.com
# Saya ingin mencari kata php di website ilmukomputer.com maka saya dapat mengetikkan kata : php host: ilmukomputer.comatau host: ilmukomputer.com php.
# Saya ingin mencari kata pertahanan di situs-situs pemerintahan Indonesia maka saya dapat mengetikkan di search engine: pertahanan host: go.id.
Symbol/karakter matematika dapat juga digabungkan dalam pencarian ini contoh:
Saya akan mencari kata pesawat tetapi bukan yang terdapat didalam website menristek.go.id maka saya dapat mengetikkan di search engine : pesawat-host: menristek.go.id.
# Mencari informasi berdasarkan type file
Ada sebagian orang mencari informasi berdasrkan type file.
Contoh:saya ingin mencari artikel tentang hacking dan security dan artilkel tersebut harus dalam format pdf. Dan saya dapat mengetikkan di search engine :+hacking +security filetype: pdf, dan search engine akan menampilkan artikel tentang hacking dan security dengan format pdf
contoh lain :saya ingin mencari artikel tentang ilmu komputer didalam website yang sufiksnya ac.id artikel tersebut harus file bertype pdf maka saya dapat mengetikkan di search engine :
+ilmu +komputer filetype:pdf host ac.id
# Mencari informasi berdasarkan judul situs
Kita juga dapat mencari situs web berdasarkan judulnya .contoh :
Ketik di search engine title:komputer maka search engine akan menampilkan situs yang mengandung judul komputer. sedangkan pada search engine yahoo tidak mengenal kata TITLE tetapi hanya disingkat T.
# Mencari informasi berdasarkan URL
Pencarian dengan cara ini akan menampilkan URL yang diminta Contoh :inurl:komputer Maka semua search akan menampilkan semua URL yang ada kata komputernya seperti
www.ilmukomputer.com/komputer dsb.
Contoh lainnya :P hp inurl:ilmukomputer.com maka search engine akan menampilkan seluruh artikel yang mengandung kata php pada subdomain ilmu komputer. Dan pada google juga mengenal kata allinurl tetapipencarian ini hanya terbatas pada subdirectory, Sedangkan sampai ke level file atau dengan kata lain inurl lebih dalam pencariannya tidah hanya terbatas pada subdirectory.Dan yang perlu di ingat Tidak semua search engine mengenal karakter matematika dan Bolean.
Tips: Bagi anda pengguna warnet ada baik nya anda mempersiapkan dari rumah apa yang ingin anda cari, itu untuk menghemat waktu dan tentunya menghemat uang anda.
— 01 // Penggunaan Dasar ———————————————–
- Google tidak “case sensitive”. Keyword: linux = LINUX = LiNuX Akan menghasilkan hal yang sama
- AND: Secara Default Google menggunakan keyword and. Keyword: menjadi hacker Hasilnya pencarian akan mengandung kata “menjadi” dan “hacker”
- OR: Digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya berisi salah satu dari keyword. Note: OR dituliskan dengan huruf besar semua. Keyword: hacker OR cracker Hasilnya pencarian akan mengandung kata “hacker” atau “cracker”
- +: Google akan mengabaikan pencarian dengan kata-kata umum seperti”how” dan “where”. Jika kata-kata umum ini begitu penting, anda bisa menambahkan “+” didepan keyword tersebut. Keyword: hacker how ==> Kata “how” akan diabaikan Keyword: hacker +how ==> Kata “how” akan diikutsertakan
-: Tanda minus “-” bisa digunakan untuk mengecualikan kata-kata tertentu dalam pencarian. Misal kita ingin mencari kata “linus tanpa linux”, kita bisa menggunakan “linus -linux”
*: Google tidak mendukung pencarian * sebagai pengganti huruf.Misalkan kita ingin mencari dengan kata depan menja*Google tidak mencari kata “menjamu”, “menjadi”, “menjalar”, dll .Google akan menghasilkan pencarian hanya yang mengandung kata “menja”.
Tetapi google mendukung penggunaan * dalam pencarian kalimat.Keyword: “menjadi * hacker”Hasilnya pencarian dapat menghasilkan “menjadi seorang hacker”, “menjadi white hacker”, dll.
- “”: Dapat digunakan untuk mencari kata yg lengkap. Keyword: “menjadi hacker”Hasilnya pencarian akan mengandung kata “menjadi hacker”
- ?: Dapat digunakan untuk mencari pada direktori GoogleKeyword: ?intitle:index.of? mp3
– 02 // Operator Spesial ———————————————–
- intitle: Untuk mencari kata-kata dari judul suatu halaman web.
Keyword: intitle:Admin Administrasi
Keyword tersebut akan mencari judul halaman “Admin” dengan deskripsi “Administrasi”
- allintitle: Untuk mencari kata-kata dari judul halaman web secara lengkap.
Keyword: allintitle:Admin AdministrasiKeyword tersebut akan mencari judul halaman yang mengandung
kata “Admin” dan “Administrasi”
- inurl: Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu.
Keyword: inurl:Admin AdministrasiKeyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata “Admin”
dengan deskripsi “Administrasi”
- allinurl: Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu.
Keyword: allinurl:Admin AdministrasiKeyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata “Admin” dan “Administrasi”
- site: Untuk mencari dalam suatu situs tertentu saja
Keyword: site:echo.or.id Semua pencarian hanya berdasarkan site “echo.or.id”
- cache: Ketika Googlebot mengindeks suatu situs, google akan mengambil snapshot dari semua halaman yang telah terindeks. Operator ini membantu melihat halaman-halaman yang telah dicache.
Keyword: cache:echo.or.id.Misalkan site aslinya sudah tidak aktif, anda tetap dapat melihatnya pada snapshot/cache yang disimpan oleh Google.
- define: Operator ini digunakan untuk mencari definisi dari frasa tertentu. Semua kata yang diketik setelah operator ini akan diperlakukan sebagai satu frasa.Keyword: define:hacker
- filetype: Jika kita mencari jenis file tertentu yang berisi informasi yang anda nginkan kita bisa menggunakan operator ini.Keyword: “hacker” filetype:pdf
Sampai tulisan ini dibuat google support tipe file
# Adobe Portable Document Format (pdf)
# Adobe PostScript (ps)
# Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku)
# Lotus WordPro (lwp)
# MacWrite (mw)
# Microsoft Excel (xls)
# Microsoft PowerPoint (ppt)
  1. # Microsoft Word (doc)
# Microsoft Works (wks, wps, wdb)
# Microsoft Write (wri)
# Rich Text Format (rtf)
# Shockwave Flash (swf)
# Text (ans, txt).
Ref: http://www.google.com/help/faq_filetypes.html
- link: Untuk mencari tahu berapa banyak link ke suatu situs, kita bisa menggunakan operator link.
Keyword: link:www.google.com
- related: Untuk mencari halaman yang isinya mirip dengan URL tertentu.Keyword: related:www.google.com

۞Peta Harta۞

Related Posts



1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites